Seminar Nasional Manajemen & Call For Paper 2021 “Pasca Pandemi&Kebangkitan Produk Lokal”

SENAMA merupakan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jawa Timur. SENAMA mengangkat tema “Pasca Pandemi dan Kebangkitan Produk Lokal”,  yang diselenggarakan pada tanggal 12 agustus 2021 dan dihadiri oleh pembicara yaitu Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Hendy Setiono (Pengusaha Kuliner “Kebab Baba Rafi”), Dr. Eko. Purwanto, M.Si (Ketua ISEI Surabaya dan Wakil Dekan I FEB UPNV Jatim), dan Dr. Drs. Ec Gendut Sukarno, M.S., CHRA sebagai moderator.

Tema ini diambil untuk mendukung roadmap Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mengoptimalkan produk lokal pasca pandemi Covid-19. Seperti yang diketahui, pandemi covid-19 berdampak terhadap keberlangsungan industri dari segala aspek termasuk produk lokal di Indonesia sehingga melalui seminar ini dapat menambah wawasan dan pengembangan strategi baru bagi para pelaku industri kreatif maupun akademisi.

Paparan dari Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan materi tentang pasca pandemi dan kebangkitan produk lokal.

Peran ekonomi kreatif dalam membangkitkan  UMKM, Ekonomi Kreatif menjadikan sumber daya manusia (SDM) sebagai modal utama dalam sebuah pengembangan yang berawal dari gagasan, ide dan pemikiran. Diharapkan, SDM ini mampu menjadikan produk bernilai rendah menjadi produk bernilai dan berdaya jual tinggi. Ekonomi Kreatif ini secara tidak langsung mengarahkan dan mencoba menciptakan wirausahawan (entrepreneur) yang handal dalam berbagai bidang.

Dr. Eko. Purwanto, M.Si (Ketua ISEI Surabaya dan Wakil Dekan I FEB UPNV Jatim) mempaparkan materi tentang Menjadikan Produk Lokal Tuan Rumah di Negeri Sendiri. Pandemi covid19 yang telah meningkatkan bisnis berbasis Digital. Digitalisasi akan terus terjadi sehingga ekonomi digital nantinya akan menjadi pilar utama perekonomian di Indonesia.

Selanjutnya, paparan materi yang disampaikan  oleh Hendy Setiono (Pengusaha Kuliner “Kebab Baba Rafi”) menyampaikan materi  tentang Strategi UMKM di masa Pandemi. Dalam masa pandemi Covid-19, upaya untuk mempertahankan bisnis terus dilakukan. Salah satu caranya beralih menjadi digital. para pelaku UMKM masih dihadapkan dengan beberapa tantangan, di antaranya kurangnya pemahaman mengenai fitur-fitur online baru untuk bisa menggunakannya secara tepat sehingga dibutuhkan edukasi.

Scroll to top
EnglishIndonesian